Selamat datang di Blog KM Nggaronipo

Berharap Uluran Tangan Pemda Bima 12 warga Madura Pupus Di Polres Dompu

Kamis, 27 April 20170 komentar

KM NGGARONIPO—12 orang warga asal Madura-Jawa Timur (Jatim) yang sebelumnya mengungsi dan bermalam di Mapolsek Bolo, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima NTB. Saat ini diserahkan ke Polres Kabupaten Dompu-NTB. Ke 12 warga Madura tersebut langsung diantar oleh Kapolsek Bolo AKP Syafrudin Jamal bersama beberapa anggota kanitnya juga didampingi oleh Sekcam Bolo  Drs. Abbas, dengan mengunakan Mobil Patroli dan juga angkutan dari pihak Kecamatan Bolo. Sekira pukul 15.00 Wita,  kamis (27/4/2017).
Sejumlah warga Madura tersebut belum bisa dipulangkan ke Madura seperti harapan mereka dan kini harus pindah tidur ke Polres Dompu, hal ini lantaran Pos anggaran dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bima tidak bisa memberikan bantuan dana dengan alasana anggaran untuk orang terlantar belum teranggarkan alias kosong.
Berdasarkan informasi yang diperoleh media ini dari pihak Mapolsek setempat, sebelumnya pihak kepolisian Bolo dibantu oleh pihak pemerintah kecamatan sudah berupaya melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah Daerah Kabupaten Bima, dalam hal ini Dinas Sosial , Bagian Kesra dan Baznas Kabupaten Bima, agar biaya untuk kepulangan ke 12 warga Madura tersebut bisa dialokasikan, namun dari hasil koordinasi yang dilakukan sejak pagi hari sampai menjelang keberangkatan para warga telantar tersebut tidak membuahkan hasil dengan alasan pos anggaran dari tiga  kantor pelayanan masyarakat Kabupaten Bima tersebut, belum memiliki atau tidak menyediakan pos  anggaran untuk orang terlantar.
Untuk mengsiasati keadaan tersebut , pucuk pimpinan Kepolisian Sector Bolo langsung meminta bantuan pihak Polres Pandaan Bima dalam hal ini Kasat Intel Reskrim AKP Muhamad. Nur , agar melakukan koordinasi dengan pihak Polres Dompu. Dengan tujuan agar sejumlah warga Madura tersebut diserahkan ke Polres Daerah Dompu, dari hasil koordinasi antara jajaran kedua kepolisian daerah tersebut,  akhirnya disepakati bahwa ke 12 warga Madura yang terlantar itu bisa diserahkan ke pihak Polres Dompu. Dan akhirnya sekira pukul 16. 00 Wita ke 12 warga Madura ini sampai di Polres Dompu dan langsung diterima oleh Kasat Intel Reskrim setempat.
Sebelumnya 12 warga Madura yang sempat menjadi orang telantar diwilayah Kabupaten Bima setelah kabur dari perusahaan PT.SMS yang ada diwilayah Tambora Kabupaten Dompu-NTB, 12 waraga tersebut meninggalkan pekerjaan lantaran tidak mendapatkan jaminan makan serta gaji senilai 200.000 perhari sesuai perjanjian awal kedua belah pihak sehingga sejumlah pekerja itu menjadi terlantar sampai wilayah Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, karena kesulitan untuk menginap yang akhirnya sejumlah warga itu mendatangi Mapolsek Bolo pada Kamis, (26/4/2017) selain meminta numpang tidur warga Madura tersebut juga meminta bantuan agar pihaknya dapat difasilitasi dengan pihak pemerintah daerah Kabupaten Bima dalam hal guna mencarikan solusi agar mereka bisa kembali ke Madura, namun impian sejumlah warga Madura tersebut harus pupus di Polres Dompu saat ini.(Orisila).





Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA NGGARONIPO - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger