Selamat datang di Blog KM Nggaronipo

Wabup, Buka Rapat Penanganan Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial

Senin, 08 Mei 20170 komentar


KM NGGARONIPO—Senin,8 April 2017. Wakil Bupati Bima Dahlam M. Noer membuka secara resmi kegiatan rapat penanganan Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial di Kabupaten Bima tahun 2017. Yang berlangsung di aula kantor Bupati Bima NTB. Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1608 Bima, Kapolres Bima,Unsur TNI, Kepala Kesbangpol Kabupaten Bima beserta Jajarannya, Para peserta Rapat Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial di Kabupaten Bima, para camat dan unsure muspika kecamatan se – kabupaten Bima.

Wabup dalam penyampaianya mengatakan, Keamanan dan Ketertiban sangat penting sebab keamanan merupakan syarat utama bagi pemerintah daerah untuk suksesnya pembangunan di daerah, sehingga proses pembangunan yang dilaksankan tidak terhambat dengan demikian akan berdampak pada membaiknya pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Oleh karena itu, pemerintah daerah dalam kesempatan ini berterima kasih dan menyambut baik adanya kegiatan pertemuan tim terpadu guna penanganan konflik sosial yang berada diwilayah Kabupaten Bima, sehingga harapan kita untuk bisa memberikan kontribusi langsung serta memastikan kondisi wilayah dengan rasa  aman,nyaman, tertib dan minim konflik sosial  ditengah masyarakat.

Terciptanya kondisi aman di tengah masyarakat tentunya tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan aparat keamanan, tetapi harus didukung oleh semua pihak agar tercipta kondisi aman dan damai sesuai harapan kita bersama.

Untuk itu, melalui forum ini saya berharap dapat meningkatkan sinergitas Tim Terpadu dalam menangani berbagai isu dan penanganan dini terhadap riak-riak persoalan yang timbul di tengah masyarakat yang mengancam stabilitas daerah. Tentunya dalam menangani riak dan isu itu kita harus senantiasa melalakukan pendekatan persuasive melalui pendekatan budaya dan agama.

Semoga rapat Tim Terpadu ini akan dapat melahirkan program kerja Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial yang sudah disusun bersama sehingga tugas Kesbangpol sebagai koordinator akan terbantu. Imbuhnya.

Dahlan berharap melalui kegiatan dalam rangka memberikan pengamanan terkait konflik yang terjadi sehingga dari kegiatan ini dihimbau kepada seluruh aparatur pemerintah untuk saling bekerjasama dan berkoordinasi diantara sesama sehingga penanganan konflik dapat kita redam bersama demi perwujudan pembangunan Bima yang“Ramah”.

Sebelumnya, Kepala kesbangpol Kabupaten Bima Drs. Ishaka melaporkan bahwa tujuan yang diambil dari kegiatan ini  untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang aman, tenteram, damai dan sejahtera. Lalu memelihara kondisi damai dan harmonis dalam hubungan sosial kemasyarakatan. Meningkatkan tenggang rasa dan toleransi, memelihara fungsi pemerintahan, melindungi jiwa, harta benda, serta sarana dan prasarana umum. Serta memberikan perlindungan dan pemenuhan hak korban, dan memulihkan kondisi fisik dan mental masyarakat serta sarana dan prasarana umum.


Adapun forum yang telah dibentuk dalam rangka penanganan konflik ini yaitu Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ( FKDM), FKUB serta tim penaganan konflik sosial, yang mana dalam penanganan ini dalam rangka bersama pemerintah dan FKPD bersama – sama mencegah terjadinya suatu konflik di wilayah yang ada di kabupaten Bima. Kita berharap kedepan kegiatan ini dapat mencegah terjadinya konflik ditengah masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten bima sehingga masyarakat akan merasa aman dan tentram. (Orisila)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA NGGARONIPO - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger