Selamat datang di Blog KM Nggaronipo

Desa Leu Dinilai Tim Lomba Desa Tingkat Provinsi NTB

Senin, 08 Mei 20170 komentar


KM NGGARONIPO—Senin,8 April 2017. Desa Leu Kecamatan Bolo Kabupaten Bima NTB. Didatangi oleh sejumlah tim penilai lomba desa dari Provinsi NTB. Kedatangan tim juri tersebut, yang diketuai oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi NTB Bapak H.Rusman, SH, MH bersama rombongan 30 orang dan langsung diterima oleh Kepala Desa Leu kecamatan Bolo Muhammad Taufk, S.Ag bersama Bupati Bima dan Wakil Bupati Bima di Desa setempat. Dengan kalungan selendang sarung tenun khas Bima sebagai asesoris sambutan kepada tim juri.
Menurut ketua Tim Juri H.Rusman, SH, MH, bahwa kedatangan kami ini dalam rangka ingin melihat secara langsung keadaan yang ada di Desa Leu kecamatan Bolo dalam rangka penilaian secara langsung terkait Lomba Desa Terintegrasi Posyandu dan P2WKSS tingkat Provinsi NTB tahun 2017, sehingga dari penilaian nanti kami akan melakukan sesi Tanya jawab kepada Kepala Desa. Ungkapnya.

Maka dari itu tim yang kami bentuk ini akan melakukan pemeriksaan sesuai dengan tugas masing – masing sehingga dengan penilaian tersebut akan diketahui apakah Desa Leu kecamatan Bolo layak untuk mendapatkan peringkat pertama pada lomba desa tingkat provinsi NTB atau tidak nantinya. Ujarnya.

Adapun indicator dalam penilaian diantaranya pendidikan, kesejahteraan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan-ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan serta pemberdayaan kesejahteraan keluarga.  Ke-8 indikator penilaian tersebut merupakan upaya untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam mencapai taraf hidup yang lebih baik.
Dengan adanya indicator tersebut sebagai prasyarakt kami dalam rangka penilaian lomba desa terintegrasi ini sehingga dari indicator tersebut kami akan mengetahui apakah desa leu kecamatan Bolo layak mendapatkan juara atau tidak imbuhnya.

Begitupula dikatakan kepala desa Leu kecamatan Bolo Muhamad Taufik, S.Ag memaparkan bahwa terkait dengan tata kelola keuangan desa dilakukan secara trasparan, akuntabel, partisipatif, tertiba dan disiplin, dimana dengan tata kelola keuangan desa tersebut kami mendapatkan apreasiasi dan pengahrgaan sebagai “ Desa prospektif penyelenggaraan Good Governance pengelolaan keuangan desa tahun 2016 dalam perpektif pengelolaan keuangan negara dari kementerian keuangan RI”. Ungkapnya.

Disamping itu, di bidang kesehatan, dimana tahun 2016 Desa Leu mendeklarasikan sebagai Desa ODF pertama dan satu – satunya Desa ODF di kecamatan Bolo Kabupaten Bima, pencapaian yang nyata dan terukur ini tentunya telah mendapatkan atensi dari pemerintah kabupaten Bima dengan memberikan reward bagi Desa Leu. Untuk bidang pendidikan, kami telah melakukan kontrak kerja sama dengan pihak sekolah terkait dengan pendidikan akrakter. Sehingga dengan adanya MOu ini maka anak – anak kita dapat mengetahui kepribadian generasi muda tersebut.

Selanjutnya terkait inovasi desa di bidang penguatan ekonomi masyarakat, desa leu kecamatan Bolo Kabuapten Bima melakukan usaha masyarakat tenun tradisional. Usaha yang dilakukan ini dalam rangka pengembangan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan perempuan usaha peningkatan pendapatan keluarga yang disenergikan dengan program peningkatan peranan wanita menunu keluarga sehat sejahtera dengan memberi bantuan benang kepada kelompiok masyarakat melalui BUMDES. Pemberian bantuan benang ini untuk menghasillan tiga lembar sarung, dimana dua lembar sarung itu untuk meningkatkan pendapatan keluarga dan satu lembar sarung dikembalikan ke Bumdes.

Untuk inovasi atau gebrakan desa, pada tahun 2015 pemerintah Desa Leu kecamatan Bolo melakukan kegiatan pengadaan perangkat computer yang mendukung jaringan internet di desa dan dilanjutkan dengan melakukan pengadaan jaringan internet di desa yang anggaranya bersumber dari APBDes dan pada tahun 2106 pemerintah desa mengembangkan Media Komunikasi Pedesaan berupa Website Desa dengan domain desa  leu.id.

Momentum tersebut ditandai dengan penyerahan Intrumen penilaian, profil desa dan data demografi desa Leu kecamatan Bolo Oleh kepala desa Leu kecamatan Bolo Muhamad Taufik, S.Ag kepada ketua lomba tim juri tingkat Provinsi NTB H.Rusman, SH, MH yang disaksikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Bima. (orisila)


Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA NGGARONIPO - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger