Selamat datang di Blog KM Nggaronipo

Bupati Bima Panen Jagung dan BerikanAlsinta

Sabtu, 29 April 20170 komentar


KM NGGARONIPO—Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri didampingi Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bima Ir. Suryadin, Asisten I H.M. Qurban,SH, Asisten II Ir. H. Nurdin, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Ir. Rendra Farid dan sejumlah kepala SKPD rumpun hijau melakukan panen raya Perdana jagung hibrida sekaligus menyerahkan alat dan Mesin Pertanian (Alsinta) kepada sejumlah kelompok tani di So” Karya Ndali Dusun Wane Desa Tolotangga. Kecamatan Monta, Kabupaten Bima—NTB. Sabtu ,29 april 2017.

Bupati Bima dalam arahannya mengajak seluruh kelompok tani di Dusun Wane mensyukuri hasil panen jagung yang tahun ini mencapai hasil memuaskan. Hasil ini pula lanjut Bupati turut meningkatkan kepercayaan pemerintah atas hasil kerja keras dan keuletan para petani sehingga pada tahun 2017 mendapatkan alokasi bantuan bibit jagung bagi areal  45 ribu hektar lahan di Kabupaten Bima". Terang Bupati.

Salah satu wilayah terbaik untuk dilakukan penanaman segala jenis komoditi adalah daerah Monta." Monta begitu kaya potensi sumber daya alam melimpah dan memiliki luas lahan yang luas yang perlu disuport. Mudah-mudahan upaya sungguh-sungguh para petani ini akan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat”.Ujarnya dihadapan kepala Desa se-kecamatan Monta, para penyuluh pertanian dan  anggota  kelompok tani yang hadir.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima di Ir. Rendra Farid dalam laporannya mengatakan, “jenis komoditi jagung yang dikembangkan adalah varietas 299, varietas ini sangat baik karena memiliki tingkat adaptasi yang bagus sesuai unsure tanah di Kabupaten Bima. Dijelaskan pada tahun anggaran 2017 terdapat alokasi bibit untuk 45. 000 hektar lahan dan 13. 000 Ha diantaranya akan mendapat bantuan bibit jagung hibrida. Sebutnya.

Di samping itu, untuk meningkatkan produksi dan produktivitas komoditi jagung ini Pemerintah juga memberikan alat dan mesin pertanian (Alsintan) berupa hand traktor, pompa air dan semprot. Katanya.

Untuk tahap awal diberikan bantuan berupa mesin pompa air berkapasitas 8,5 PK yang ke depan diharapkan dapat memancing tumbuh kembangnya jagung yang saat ini tetap menjadi Prioritas pembangunan di bidang pertanian. Rendra meyakinkan bahwa pemerintah daerah akan selalu mendukung semaksimal mungkin budidaya tanaman pangan ini”. Jelasnya.
Sebelum menyampaikan arahan, Bupati Bima melakukan menyerahkan bantuan satu unit pompa air berkapasitas 8,5 PK, 10 hand sprayer dan 3 coolbox serta bantuan penyelenggaraan MTQ tingkat Desa Tolotangga dan dilanjutkan dengan kegiatan panen jagung. (Orisila*).


Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA NGGARONIPO - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger