Selamat datang di Blog KM Nggaronipo

KNPI Madapangga Minta Pemda Bima Atasi Kelangkaan Air Bersih

Sabtu, 29 April 20170 komentar

Ketua KNPI Madapangga, Syahrul S.Sos. (sebela kiri).
GERBANGNTB.COM
BIMA-Wilayah Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima NTB, pada umumnya, kala musim kemaru tiba, ibarat sudah menjadi lagu lama dengan dihadapkan persoalan kekuarangan air bersih yang dipasok dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setiap tahunya. Kekurangan debit air PDAM untuk kebutuhan sejumlah warga diwilayah Kecamatan Madapangga tersebut disenyalir dengan adanya operasinya perusahaan Air Minum Mineral (Lam-Lam) selama ini diwilayah setempat.

Seperti yang dialami oleh Desa Rade dan beberapa desa disekitarnya, akibat macetnya pentribusian air dari PDAM wilayah setempat selama ini kerap menjadi keluhan dan sorotan dari elemen masyarakat setempat lantaran kebutuhan air untuk keperluan rumah tangga tidak terpennuhi bahkan kebutuhan mandi tidak mencukupi akibatnya warga setempat harus pergi madi dan buang hajat ke aliran sungai. Dengan adanya persoalan yang sudah kepanjangan tersebut, tokoh dan elemen masyarakat setempat meminta keterlibatan pihak pemerintah daerah untuk dapat memberikan solusi serta dapat melakukan koordinasi dengan pihak PDAM dan perusahaan Lam-Lam yang saat ini beroperasi diwilayah setempat.

Seperti yang di ungkapkan ketua KNPI Madapanga, Syahrul S.Sos pada Media Gerbangntb.com. Minggu, 20 April 2017, mengaku krisis air bersih ini disebabkan macetnya pentribusian air dari PDAM sehingga warga kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan air bersih untuk keperluan rumah tangga dan kebutuhan lainnya."Warga begitu kesulitan akan air bersih, kejadian ini berlangsung setiap tahun bahkan masuk tahun ini (2017) persoalan ini tidak berubah, pada hal sebagian besar warga Desa Rade bahkan Desa-Desa sekitar mengunakan air yang bersumber dari PDAM. ujarnya.
Lanjut Syahrul, kemacetan air bersih diduga kuat adanya aktivitas operasional salah satu perusahaan air minum yaitu “Lam-Lam”yang sampai saat ini masih melakukan aktivitasnya dilokasi Obyek Wisata Madapangga sehingga berkurangnya debit air,”kami menduga sejak adanya perusahaan air kemasan tersebut debit air yang ada dibeberapa titik mata air yang ada berkurang bahkan tidak mengeluarkan air lagi sama sekali.”Pada hal pasokan air dari beberapa mata air diwilayah Madapangga merupakan sumber air bagi masyarakat sejak dulu. Tudingnya.

Selaku ketua KNPI Madapangga , Jebolan salah satu Fakultas Makasar ini berharap adanya keterlibatan dari pemerintah daerah Kabupaten Bima untuk memberikan jalan terbaik serta solusi sehingga pasokan kebutuhan air bersih bagi masyarakat madapangga bisa tersedia,”pemerintah daerah harus turun tangan dan menyikapi persoalan ini secepatnya, sebab persoalan ini bukan saja pertama kali terjadi, namun kekurangan air bersih ini dirasakan warga setiap tahun disamping itu lanjutnya, pemerintah juga harus lakukan koordinasi dengan pihak PDAM dan Pihak perusahaan air minum miniral dalam hal ini Perusahaan Lam-Lam yangsampai hari ini melakukan aktivitasnya,”sehingga ditemukan solusi yang terbaik agar warga tidak lagi dikeluhkan dengan masalah kekurangan air bersih.Imbuhnya.

Informasi yang diperoleh dari pihak PDAM Cabang Madapangga, bahwa krisis air tersebut. Terjadi akibat datangnya musim kemarau saat ini sehingga berpengaruh pada kurangnya tiga mata air yang ada di tiga wilayah sebagai sumber PDAM yaitu, mata air di Desa Ndano, mata air Mada Bura Desa Monggo dan Mata air Madapangga.(Orisila).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA NGGARONIPO - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger